Perkembangan Teknologi di Indonesia

teknologi

Pengertian Teknologi

Teknologi (bahasa Inggris: teknologi) adalah sarana menyeluruh untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi alat sederhana. Penemuan persejarah tentang kemampuan untuk mengendalikan api ini telah meningkatkan ketersediaan sumber makanan, penciptaan roda juga telah mampu membantu manusia dalam perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka.

Perkembangan untuk teknologi , seperti mesin cetak, telephone, dan internet kini telah mengurangi hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia ya, manusia untuk berinteraksi secara bebas dan skala global. Namun, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Perkembangan senjata pemusnah yang terus menjadi kuat sepanjang sejarah dari klub ke senjata nuklir.

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Saat ini, kita hidup di era globalisasi atau bisa juga disebut era modernisasi. Modernisasi itu sendiri dalam ilmu sosial mengacu pada suatu bentuk transformasi dari kondisi terbelakang atau terbelakang menjadi lebih baik dengan harapan bahwa kehidupan orang akan lebih baik. Modernisasi mencakup banyak bidang, misalnya di bidang sains dan teknologi.

Di zaman modern seperti sekarang ini, kita ketahui bahwa manusia sangat bergantung pada teknologi. Ini menjadikan teknologi sebagai kebutuhan dasar bagi semua orang. Dari orang tua hingga orang muda, para ahli hingga orang awam juga menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Windows Sampai Ke akar-akarnya

Petani yang bekerja di ladang pun saat ini pasti sudah menggunakan teknologi guna untuk meningkatkan hasil, misalnya menggunakan mesin traktor yang lebih cepat dan lebih efisien jika dibandingkan dengan bajak yang ditarik oleh kerbau.

Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berkembang hingga sekarang dan semakin mendunia. Ini dapat kita buktikan sendiri seperti dengan banyaknya inovasi dan penemuan yang sederhana hingga sangat rumit.

Padahal sebenarnya, kurang atau lebih dari 10 tahun yang lalu bahwa, teknologi ponsel yang dulunya hanya perangkat komunikasi nirkabel dikembangkan menjadi alat komunikasi yang dapat mengambil foto, merekam video, mendengarkan musik, dan mengakses internet dalam hitungan detik.

Perkembangan teknologi saat ini adalah dasar untuk mengembangkan kehidupan nasional dan negara. Kemajuan suatu negara didasarkan pada tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikendalikan oleh negara itu. Ini masuk akal karena sains dan teknologi adalah dasar dari setiap aspek kehidupan manusia.

Baca Juga: Dampak Buruk Pemerataan Internet Untuk Anak-anak

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang hidup didalam lingkungan global, sehingga kita dipaksa harus terlibat dalam kemajuan dan kemunduran penguasaan teknologi dan sains, terutama untuk kepentingan bangsa itu sendiri. Sebagai negara berkembang, Indonesia dianggap tidak terlalu maju dalam penguas`aan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Menurut pendapat dari berbagai mantan Menteri dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana, kemajuan teknologi di Indonesia masih bisa dibil ngbtrnfahrendah. Ada beberapa indikator yang saya yang dibut yang membuktikan rendahnya tingkat teknologi di Indonesia, seperti kurangnya kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor industri, sinergi kebijakan masih lemah, dan sedikitnya jumlah ilmuwan di Indonesia.

Berdasarkan data-data dari United Nation for Development Program (UNDP) pada 2013, indeks pencapaian teknologi Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 72 negara. Ukuran ini didasarkan pada penciptaan teknologi yang dilihat dari perolehan paten dan royalti untuk pekerjaan dan penemuan teknologi, difusi inovasi teknologi terbaru yang diukur dengan jumlah pengguna internet dan jumlah kontribusi ekspor teknologi untuk barang ekspor,

difusi inovasi teknologi lama seperti yang terlihat dari jumlah pengguna telepon dan pengguna listrik, tingkat pendidikan penduduk didasarkan pada rata-rata lama pendidikan penduduk berusia 15 tahun ke atas, dan tingkat pendaftaran penduduk yang mengejar pendidikan tinggi dalam sains dan teknologi.

Kemajuan teknologi yang rendah di Indonesia dapat dilihat di Indonesia yang terlihat dari kurangnya anggaran pemerintah untuk penelitian. Meskipun pada tahun 2010 pemerintah Indonesia telah mengalokasikan total 1,9 triliun rupiah (sekitar $ 205 juta) untuk penelitian dan pengembangan dalam sains dan teknologi, ternyata dana ini hanya 0,85 dari pendapatan domestik bruto (PDB) per tahun. Jika dibandingkan dengan dana penelitian di China yang sebesar 2%, Jepang yang sebesar 3,4%, dan Korea Selatan 4,04% dari PDB, dapat disimpulkan bahwa Indonesia cukup jauh tertinggal.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Selain itu, kontribusi iptek di sektor produksi di Indonesia juga masih rendah. Ini bisa dilihat dari kurangnya efisiensi, produktivitas rendah, dan kurangnya konten teknologi dalam barang ekspor. Ekspor produk manufaktur didominasi oleh banyak produk dengan teknologi rendah sebanyak 60% (Enam puluh persen).

Dengan adanya beberapa fakta yang sudah disebutkan maka, dapat disimpulkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia masih sangat rendah dan bahkan dapat dikatakan tertinggal dari negara lain. Kita harus terus meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan negara kita.

Demikian artikel tentang perkembangan teknologi di Indonesia dari Aura Nesc dapat saya sampaikan terima kasih atas kunjungannya semoga kalian mengerti dan mudah untuk dipahami, akhir kata, sampai jumpa “Good Luck”

2 Replies to “Perkembangan Teknologi di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen + sixteen =