Home tips Jangan Gugup, Begini Cara Menghadapi Interview Kerja Supaya Kamu Diterima

Jangan Gugup, Begini Cara Menghadapi Interview Kerja Supaya Kamu Diterima

interview kerja

Cara menghadapi interview kerja supaya kamu diterima. Persaingan dalam dunia pekerjaan saat ini sangatlah ketat. Jika kamu tidak memiliki sesuatu yang unik atau menonjol dibanding para pelamar lainnya, bukan tidak mungkin jika kamu akan tersingkir. Salah satu hal yang sangat berpengaruh sebagai pertimbangan HRD untuk menerimamu atau tidak adalah saat interview.

Dalam sesi ini, kamu harus sebisa mungkin mengambil hati HRD selain dengan modal ijazah dan CV. Bagaimana tips menghadapi interview kerja supaya kamu diterima? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Cara Menghadapi Interview Kerja Agar Diterima Bagi Pemula

1. Gali Informasi Perusahaan

Cara Menghadapi Interview Kerja

Saat menerima panggilan interview, jangan senang dulu. Benarkah kamu sudah siap menghadapinya? Pertama kali yang harus kamu kuasai sebelum yang lain-lain adalah profil perusahaan. Pastikan kamu membekali diri tentang informasi perusahaan tersebut sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Bocoran Tes Masuk Kerja Indomaret dan Alfamart Lengkap dengan Jawabannya

Tak hanya informasi umumnya saja, lebih baik kamu juga mencari detail informasi tentang perusahaan tersebut, baik dari internet maupun situs berita. Hal ini penting supaya kamu tahu betul tentang perusahaan calon tempatmu bekerja. Dengan begini, kamu bisa melihat apakah skill-mu memang cocok di situ atau tidak.

2. Perhatikan Penampilan Saat Interview

tips Cara Menghadapi Interview Kerja

Cara menghadapi interview kerja agar kamu sukses selanjutnya adalah yang satu ini. Pepatah bilang, saat orang lain pertama kali bertemu denganmu, kesan pertamanya adalah ada pada penampilan. Pepatah ini tidak sepenuhnya salah, lho, apalagi kamu memang mau interview kerja. Jangan sampai asal datang saja, namun pastikan penampilanmu sudah baik dan rapi.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Pakailah pakaian yang bersih, wangi, bersih, dan sesuaikan dengan ketentuan jika ada. Pastikan sepatumu juga bersih, rambut rapi, dan pakailah sedikit parfum untuk mengantisipasi bau badan. Satu hal lagi yang melengkapi adalah senyuman. Ini akan meningkatkan rasa percaya dirimu dan membuat orang di sekitarmu lebih nyaman.

3. Lakukanlah Kontak Mata

Cara menjawab Interview Kerja bagi pemula

Cara menghadapi interview kerja berikutnya adalah dengan melakukan kontak mata. Menjaga kontak mata dengan orang yang mewawancaraimu akan memberikan kesan kepercayaan diri dan kemantapan hatimu. Tatapan yang bersahabat dan penuh rasa percaya diri juga akan memancarkan semangat serta kesungguhanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Karena itu, lakukanlah kontak mata yang intens pada lawan bicaramu, tapi jangan sampai kontak mata itu terkesan angkuh. Tanda orang yang berkata jujur salah satunya adalah berani menatap mata lawan bicaranya. Jadi, ketika kamu melakukan kontak mata, HRD akan yakin pada apa yang kamu ucapkan.

4. Jelaskan Tentang Dirimu

cara diterima di perusahaan

Satu hal yang tidak pernah luput saat interview adalah pertanyaan tentang siapa dirimu. Ini adalah pertanyaan dasar bagi perusahaan untuk mengenal seluk belukmu secara mendalam. Karena itu, ceritakan latar belakangmu sebaik mungkin. Sertakan pendidikan terakhir, juga skill yang kamu punyai dengan singkat dan jelas. Jangan berputar-putar dan bertele-tele. Jangan lupa tetap lakukan kontak mata yang menunjukkan kepercayaan diri dan tersenyumlah saat menceritakan siapa dirimu.

5. Jelaskan Alasan yang Tepat

cara menjawab pertanyaan HRD

Yang satu ini juga selalu muncul dalam pertanyaan interview kerja. Apa alasanmu mengajukan lamaran ke perusahaan tersebut? Pertanyaan ini sebenarnya untuk memancing apakah kamu sudah tahu betul tentang visi dan misi perusahaan. Jadi, berilah jawaban yang objektif serta wajar tanpa ada kesan membanggakan diri. Jangan pula memberikan jawaban asal yang bisa menurunkan nilai interview-mu.

Nah, itulah beberapa cara menghadapi interview kerja agar kamu lolos dan diterima. Bagaimana, sudah ada gambaran, bukan? Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here