Home tutorial Cara Install Aplikasi 32Bit di Windows 64Bit, 100% Work

Cara Install Aplikasi 32Bit di Windows 64Bit, 100% Work

cara menjalankan program 32 bit di windows 64 bit

Cara Install Aplikasi 32Bit di Windows 10/8/7 64Bit | pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tutorial cara untuk menginstall program windows 32bit pada windows 10/8/7 64bit, simak sampai habis tutorialnya agar lebih faham sob.

Artikel ini saya tulis berawal dari pengalaman saya pribadi, dimana ada salah satu teman saya yang minta untuk diinstallkan aplikasi MC Office pada laptop yang dia gunakan, dimana laptopnya menggunakan sistem oprasi windows 10 32bit.

Tanpa mengecek terlebih dahulu jeroan dari pada sistem oprasi yang digunakan, saya langsung tancap gas memindahkan file MC office ke laptop teman saya, pas mau diinstall ternyata tidak support, alias mental, dikarenakan laptop tersebut menggunakan windows 10 32bit. Karena saya pikir laptop tersebut menggunakan windows 64bit.

Baca Juga: Cara Hapus Program Windows Sampai Ke Akar-akarnya

Nah, dari sana saya mulai mencari cara untuk bisa menjalankan apliaksi windows 32bit pada windows 64bit dengan lancara, dan selang beberapa waktu saya menemukan cara untuk menginstall aplikasi 32bit pada windows 64bit, dan ternyata caranya pun tidak rumit alias sangat gampang, pasti sobat juga bisa mengikuti langkahnya.

Nah, sebelum masuk pada tutorial cara menjalankan aplikasi 32 bit pada windows 64 bit, ada baiknya kita juga bahas, kenapa aplikasi 32 bit tidak bisa langsung dijalankan pada windows 64 bit.

Ada beberapa perbedaan yang menyebabkan aplikasi 32bit tidak bisa langsung diinstall pada windows 64 bit, diantaranya sebagai berikut guys..

1. Kapasitas konsumsi RAM

Nah, Perbedaan paling dasar yang paling umum diketahui adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap sistem oprasi memiliki batasan penggunaan RAM yang berbeda. Seperti Windows berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit.

Windows 32 bit sangat terbatas untuk menggunakan RAM, maksimal penggunaan RAM hanya 4Gb, dan itu pun tidak digunakan seluruhnya, paling sekita 3,2Gb saja.

Baca Juga: Cara Memperbaikin SD card Yang tidak Terbaca Tanpa Fromat

Sedangkan windows berbasis 64 bit, bisa menggunakan RAM lebih dari 4Gb dan bisa di upgrade sesuai dengan jumlah maksimal dari setiap type komputer yang sobat gunakan

2. Kinerja windows 32 Bit VS 64 bit, yang cukup jauh

Prosesor adalah komponen yang menentukan kinerja basis sistem Windows 32 dan 64 bit. Tentu saja jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Sistemn oprasi Windows dengan arsitektur 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, pastinya kemampuan keduanya berbeda dengan 64 bit.

Sehingga kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringandan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan Windows dan prosesor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.

3. Kinerja saat Memproses Data

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 bit sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran.

32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows, dan prosesor 64 bit lebih cepat dan maksimal


Nah, itu hanya beberapa perbedaan oprasi sistem dengan arsitektur 32 dan 64 bit, masih banyak lagi yang menjadi alasan kenapa aplikasi windows 32 bit tidak bisa langsung diinstall pada windows 64 bit.

Lalu bagaimana cara menginstall aplikasi 32bit pada windows 64 bit?

Silahkan simak tutorialnya berikut ini:

Cara Menjalankan aplikasi windows 32bit di windows 64 bit, sangat mudah dan simple.

Silahkan ikuti tutorialnya dengan teliti, cukup mudah ko, tinggal mengatur beberapa setingan saja, langsung saja check it out guyyss..

Pertama, sobat klik pencarian pada windows sobat, kemudian cari Windows Feature

Kedua, klik pada turn windows feature On or OFf

cara menjalankan aplikasi 32 bit di windows 64 bit

Ketiga, kemudian klik pada opsi internet Information Service (IIS), kemudian klik OK dan tunggu prosesnya hingga selesai.

cara menjalankan aplikasi 32 bit di windows 64 bit

Keempat, Nah, sekarang sobat cari lagi pada pencarian internet Information Service (IIS) , lihat gambar dibawah ini.

cara menjalankan aplikasi 32 bit di windows 64 bit

Kelima, Disini akan ditampilkan nama desktop sobat masing-maing, kemudian klik panah kecil hingga muncul opsi yang lainnya, kemudian pilih yg Application Pools, lalu kalik kanan pada DefaultAppPools dan pilih Advanced Setting, lihat gambar dibawah ini:

cara menjalankan aplikasi 32 bit di windows 64 bit

Keenam, nah disinilah letak untuk mengaktifkan fitur 32 bit agar bisa menginstall aplikasi 64 bit.
Silahkan pilih True pada Enable 32-Bit Application, jangan lupa klik OK, lihat gambar dibawah ini:

cara install aplikasi 32 bit di windows 64 bit

Sekarang silahkan Reststart komputer sobat masing-masing, setelah laptop direstart silahkan coba lagi untuk menginstall aplikasi 32 bit pada windows 64 bit, sekarang aplikasi tersebut akan bisa diinstall pada windows.

Nah, itu dia sob, tutorial cara menjalankan aplikasi 32bit pada laptop atau komputer 64 bit, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here